kabar islam terkini


Presiden Rusia: Paus Harus Pertanggungjawabkan Perbuatannya

Posted in news by islamkini on 18 September 2006

Republika Senin, 18 September 2006
MOSKOW — Presiden Rusia, Vladimir Putin, mendesak pemimpin agama dunia untuk bertanggung jawab atas segala ucapan dan tindakannya. Ini merupakan respons atas pernyataan Paus Benekditus XVI yang telah menyulut kecaman dari umat Islam. ”Kami paham bahwa pernyataan itu merupakan hal yang sensitif,” katanya, di Moskow, kemarin.

Mestinya, jelas Putin, setiap pemuka agama mengedepankan tanggung jawab dan menghindari pernyataan atau tindakan yang memicu konflik. Ia mengatakan kehatia-hatian dari setiap pemuka agama akan menghindarkan konflik antara umat beragama.

Parlemen Yordania mendesak pemuka agama Islam dan Kristen untuk mengabaikan pernyataan Paus Benekditus XVI yang mengidentikan Islam dengan kekerasan.”Kami mendesak semua pemuka agama untuk mengecam penyataan Paus tersebut,” demikian pernyataan parlemen Yordania, kemarin.

Dalam pernyataanya, parlemen Yordani juga mendesak Paus menyatakan permintaan maaf secara tulus terhadap umat Islam dan kepada seluruh manusia. Sebab pernyataan Paus telah merendahkan ajaran Islam dan telah membuat umat Islam terluka.

Kemarin, sebanyak 400 sekolah agama yang terpusat di Qom, Iran meliburkan diri. Mereka melakukan unjuk rasa atas pernyataan Paus yang menyakitkan hati umat Islam itu. Mereka berharap Paus memahami lebih jauh tentang ajaran Islam.

Ulama terkenal Iran, Ahmad Khatami, mengatakan pernyataan Paus telah mengancam dialog antar agama yang selama ini digelar. Paus telah menodai hubungan yang damai antar agama. Ia mengatakan, Paus juga telah membuat pemeluk agama saling mencurigai.

Sementara, sejumlah media di Iran menyatakan ada tanda-tanda pernyataan Paus Benekditus XVI yang menyulut kemarahan umat Islam merupakan rencana yang dirancang AS dan Israel. Demikian sejumlah analisa yang dilakukan sejumlah media di Iran.

Harian Jomhuri Islami, menyatakan kedua pihak itu mendiktekan naskah pidato Paus yang menyulut kemarahan umat Islam. Menurut Jomhuri Islami, langkah ini bertujuan untuk mengalihkan perhatian umat Islam atas perlawanan Hizbullah terhadap Israel di Lebanon.

”Pidato Paus merupakan naskah yang dibuat dan diserahkan oleh pihak AS dan Israel kepada Paus. AS dan Israel ingin mengaburkan kegemilangan perjuangan umat Islam melawan Israel,”.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh harian Kayhan. Harian ini menyatakan ada campur tangan Israel yang bertujuan agar umat Islam dan Kristen saling berbenturan.”Banyak indikasi pernyataan Paus ini merupakan proyek Israel dan AS,”demikian pernyataan harian Kayhan. ap/afp/fer

Pidato yang Menyulut Kemarahan Itu

Pidato Paus Benekditus XVI di University of Regensburg telah menyulut kemarahan umat Islam. Berikut penggalan pidato Paus yang berjudul Iman, Akal Sehat dan Universitas : Masa Lalu dan Refleksi

Ini merupakan kenangan tersendiri bagi saya kembali lagi ke universitas ini dan kembali memberikan kuliah di atas podium ini. Universitas ini dulu dibanggakan karena dua fakultas teologi yang ada di dalamnya. Meski suatu saat ada seorang kolega yang menyatakan, ada sesuatu yang ganjil dengan universitas ini.

Kata sang kolega, universitas ini memiliki dua fakultas didirikan untuk mengkaji sesuatu yang tidak ada yaitu Tuhan. Bahkan kini dalam menghadapi skeptitisme radikal masih diperlukan dan beralasan untuk mempertanyakan keberadaan Tuhan melalui penggunaan akal sehat. Ini pula yang menjadi konteks tradisi dalam keimanan Kristen.

Akhir-akhir ini saya teringat akan semua hal itu ketika saya membaca penggalan dialog antara Kaisar Byazantium Manuel II Paleologus dengan seorang Persia terdidik tentang Kristen dan Islam serta kebenaran antara keduanya. Dialog ini terjadi di sekitar 1391 pada musim dingin, di dekat wilayah Ankara, Turki.

Pada bagian percakapan ketujuh, sang kaisar mengangkat masalah perang suci dalam dialognya itu. Sang kaisar kemudin mengarahkan pertanyaan inti mengenai hubungan antara agama dan kekerasan, dan mengatakan :

”Tunjukkan kepadaku bahwa apa yang dibawa Muhammad adalah hal yang baru maka yang akan kau temukan adalah hal-hal yang hanya berbau iblis dan tak manusiawi. Seperti perintah Muhammad untuk menyebarkan agamanya dengan kekuatan pedang,”.

Sang kaisar, kemudian menjelaskan secara detail alasan-alasan mengapa penyebaran agama dengan kekerasan merupakan hal yang tak masuk akal. Kekerasan tak sesuai dengan sifat Tuhan dan jiwa. Tuhan menyatakan, Dia darah tak membuat-Nya senang dan tindakan yang tak sesuai dengan sifat-Nya juga tak disenangi-Nya.

Keyakinan lahir dari dalam jiwa bukan tubuh. Siapapun yang ingin membimbing seseorang dalam sebuah keyakinan memerlukan kemampuan untuk berbicara dengan baik dan alasan-alasan yang masuk akal. Dengan demikian, keyakinan agama tak diajarkan tanpa adanya kekerasan dan ancaman.

Inti dari pernyataan kaisar itu adalah kita mestinya tak melakukan sebuah tindakan yang bertentangan dengan sifat Tuhan. Bagi kaisar yang dibentuk dalam alam pikiran filsafat Yunani, pernyataan ini merupakan bukti akan keberadaan Tuhan. Namun bagi Muslim, Tuhan diyakini benar-benar bersifat transenden.Kehendak-Nya,tak terkait dengan kategori apapun yang kita miliki, bahkan rasionalitas.

Pada titik ini, sejauh pemahaman kita tentang Tuhan serta terkait dengan praktik agama, kita menghadapi sebuah dilema. Apakah melakukan hal yang tak masuk akal yang merupakan tindakan yang bertentangan dengan sifat Tuhan merupakan pemikiran Yunani atau apakah ini merupakan hal yang secara instrinsik benar.

Tujuan kita di sini adalah, memperluas konsep pemikiran kita. Hanya dengan langkah seperti itu kita dapat melakukan dialog antar budaya dan agama secara murni. Dialog semacam inilah yang perlu dilakukan pada saat ini. Dalam hal ini, Yesus telah dinobatkan sebagai figur pembawa pesan moral kemanusiaan. bbc/fer

3 Responses to 'Presiden Rusia: Paus Harus Pertanggungjawabkan Perbuatannya'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to 'Presiden Rusia: Paus Harus Pertanggungjawabkan Perbuatannya'.

  1. Syaharia said,

    I hate paus! Islam adl ajaran yg pling bnar! !

  2. imam safi'i said,

    Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

    “Sesungguhnya agama (yang diridhoi) di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali ‘Imron [3]: 19).


  3. i hate paus,jangan merendahkan ajaran islam,islam itu adalh agama yg indah bagiku


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: